CARA MEMADUKAN MAKANAN BERGLIKEMIK RENDAH DENGAN MENU LAIN

Bagaimana Cara Memadukan Makanan Berglikemik Rendah Dengan Makanan (Menu) Lain? - Salah satu prinsip diet Anti-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas) adalah memilih makanan yang ber-glikemik rendah, banyak macam makanan yang bergilikemik rendah, nah agar nutrisi semakin lengkap maka kita padukan dengan menu lainnya. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah yang dianjurkan dalam diet anti X terdiri atas sumber karbohidrat tertentu, lemak, dan protein. Makanan berglikemik rendah yang dianjurkan dalam diet anti X lebih diutamakan berupa karbohidrat.

Protein dan lemak adalah makanan berglikemik rendah, untuk mengasimilasikannya tidak diperlukan insulin. Prioritaskan dahulu makanan yang memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi. Sebagai contoh, dahulukan konsumsi sayuran daun yang memiliki indeks glikemik rendah,baru polong-polongan,dan sayuran buah sebelum memilih sayuran berumbi yang memiliki indeks glikemik lebih tinggi.

Sebaiknya anda memilih makanan berglikemik rendah dari sumber protein hewani daripada karbohidrat berglikemik sedang. Sumber protein tidak berpengaruh pada peningkatan level insulin yang harus Anda hindari. Selain itu, protein akan merangsang glukagon agar lebih aktif, sehingga tercipta keseimbangan antara insulin dan glukagon menjadi lebih baik.

Makanan berindeks glikemik rendah dan tinggi indeks nutrisi akan memasok nutrisi penting yang bermanfaat untuk menyelaraskan kinerja hormon metabolik yang bekerja di dalam tubuh Anda.

Ada berbagai macam kudapan sehat yang layak Anda konsumsi sebagai makanan selingan. Sayuran segar (salad) menjadi pilihanutama agar sering Anda konsumsi selama menjalani diet anti X. Variasikan aneka jenis sayuran rendah ECC sesuai selera Anda.

Perkaya rasa sayuran segar seperti taoge, daun selada, kubis, paprika, dan aneka sayuran daun yang enak dikonsumsi mentah lainnya sesuai yang Anda sukai. Minyak zaitun extra virgin yang dicampur dengan rempah-rempah dapat menemani salad yang akan Anda nikmati. Selain menambah cita rasa, lemak sehat dari minyak zaitun yang Anda tambahkan juga dapat meredam nafsu makan semu karena Anda sudah merasa kenyang.

Jika bosan mengonsumsi sayuran mentah, cobalah Anda menikmati sayuran yang direbus setengah matang. Beberapa macam sayuran seperti tomat, brokoli akan meningkat nilai manfaatnya jika dimasak terlebih dahulu. Pengolahan sayuran akan meningkatkan nilai cerna dari fitonutrisi yang dikandungnya.

Jenis polong-polongan seperti kapri, kacang-kacangan, atau buncis juga dimatangkan lebih dahulu untuk menghilangkan zat anti gizi yang dikandungnya. Selain sayuran kacang-kacangan juga merupakan menu selingan yang dianjurkan selama menjalani diet anti-X.

Kacang tanah rebus, kacang sangria rendah garam, mete panggang, kacang bogor, kacang koro, kenari, kacang pischacio, kacang hazel, atau macadamia merupakan pilihan tepat sebagai kudapan Anda.

Manfaat mengonsumsi kacang- kacangan :
  1. Meningkatkan asupan kalori dan ECC yang cukup tinggi, untuk itu batasi jumlah yang Anda konsumsi. 
  2. Kandungan vitamin B kompleknya termasuk unggul terutama vitamin B5 yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan fungsi otak. 
  3. Sumber Triptofan yang bermanfaat untuk meredam peningkatan hormon stres 
  4. Meningkatkan hormon yang menciptakan ketenangan. 
  5. Meningkatkan asupan triptofan yang merupakan asam amino penting untuk produksi hormon yang menekan ketagihan gula. 
  6. Sumber asam amino esensial yang bermanfaat untuk meregenerasi kembali sel tubuh yang menua.
Demikianlah cara memadukan amakan berglikemik rendah dengan menu lainnya dalam program diet Anti-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas)




You Might Also Like: