MEMILIH SAYUR YANG BENAR UNTUK PENDERITA PENYAKIT SINDROM-X

Tips Sederhana Memilih Sayuran Rendah Efective Carbohidrat Content (ECC) & Sayuran Unggul (Penting) Harus Ada Setiap Kesempatan Makan Untuk Penderita Penyakit Sindrom-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas) - Semua sayuran daun adalah sayuran rendah ECC. Komponen terbanyaknya berupa air dan serat dengan kandungan gula dan tepung yang sangat rendah. Aneka ragam sayuran daun yang Anda konsumsi dapat melengkapi kebutuhan nutrisi Anda.

Selain sayuran daun ada beberapa sayuran buah dan sayuran bunga yang memiliki ECC rendah. Sayuran bunga seperti : brokoli dan kembang kol. Beberapa sayuran seperti kentang , wortel, beet memiliki ECC tinggi. Sementara itu kacang merah, kacang polong, paprika, terong, tomat, labu parang, labu putih, zucchini memiliki ECC sedang.
Strategi yang mudah untuk Anda ingat, Anda hanya boleh mengonsumsi satu jenis sayuran dengan ECC cukup tinggi seperti kentang, beet, atau wortel pada hari yang sama. Sedangkan sayuran dengan ECC sedang maka Anda mengonsumsinya maksimum 2 jenis saja. 

Dengan cara ini Anda tetap dapat menikmati aneka sayuran serta mendapat pasokan nutrisi lengkap dari beragam sayuran yang Anda konsumsi tanpa khawatir dengan lonjakan gula dan insulin yang akan ditimbulkannya.

Sayuran Unggul Harus Ada Setiap Kesempatan Makan Untuk Penderita diabetes, Hipertensi, Peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas 

Sayuran Unggul yang di konsumsi dalam diet anti X adalah sayuran yang memiliki Efective Carbohidrat Content (ECC) rendah hingga sedang. Sayuran daun mentah (salad) adalah menu terbaik untuk Anda nikmati. Jadi selalu sediakan semangkuk salad saat Anda makan. 

Awali makan Anda dengan salad lebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan utama. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi porsi makanan utama yang akan anda santap nantinya. Selain itu juga bermanfaat untuk melatih insulin agar puas dengan makanan berkarbohidrat denganECC rendah.

Barangkali anda belum terbiasa untuk menikmati sayuran mentah, cobalah beberapa potong sayuran dahulu untuk melatih kebiasaan baru ini. Agar dapat mengonsumsi sayuran dalam jumlah banyak Anda dapat mengkombinasikan sayuran mentah ditambah dengan sayuran matang. 

Sayuran yang dikukus atau ditumis setelah matang dapat menjadi sarapan, makan siang, dan makan Anda. Dalam menu sayuran ini, Anda dapat menambahkan bumbu alami yang Anda sukai agar lebih nikmat dalam mengonsumsi sayuran. Hindari penggunaan bumbu instant dan bumbu tidak alami. [ Halaman selanjutnya : Prinsip Diet Anti X Ke 6 : Mengonsumsi Lemak Sehat ]




You Might Also Like: