PENTINGNYA LEMAK ESENSIAL UNTUK PENDERITA SINDROM-X

Perlunya Kecukupan Lemak Esensial Untuk Penderita Penyakit hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas - Tubuh memerlukan lemak esensial yang hanya dapat diperoleh dari luar tubuh baik berupa makanan ataupun suplemen kesehatan. Lemak esensial tersebut terdiri atas : Omega-3, Omega-6, dan omega-9. Selama menjalani diet anti X sangat dianjurkan agar Anda mendapatkan seluruhnya dalam komposisi yang baik sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Sumber lemak esensial yang diutamakan dalam diet anti X harus berasal dari makanan alami. Makanan yang baik harus memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang seimbang. Kedua asam lemak ini selalu berdampingan dalam suatu makanan. Makanan yang banyak mengandung omega-3 sangat dianjurkan bagi Anda yang diet anti X.

Sumber Omega-3 yang Dianjurkan dalam Diet Anti X

Omega-3 hewani adalah sumber omega-3 pilihan terbaik bagi Anda. Di dalam tubuh omega-3 rantai panjang dapat langsung bermanfaat bagi tubuh tanpa memerlukan enzim desaturase dan elongase seperti halnya omega-3 ALA. Pasokan DHA dan yang cukup sangat diperlukan pada saat tubuh mengalami EPAdefisiensi lemak esensial.

Konsumsi telur yang kaya omega-3 atau ikan laut segar minimum 2 kali seminggu sangat bermanfaat untuk menambah pasokan omega-3 yang sangat diperlukan oleh tubuh. Khasiat dari Omega-3 untuk mengatasi penyakit degeneratif.

Berbagai kacang-kacangan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan asupan omega-3 ALA. Sumber lemak hewani mengandung omega-3 yang unggul, yang berpengaruh netral terhadap insulin karena bukan sebagai sumber karbohidrat.

Sumber Omega-9 Juga Penting dalam Diet Anti X

Sumber Omega-9 bermanfaat untuk meningkatkan laju metabolisme akibat resistensi insulin, mereduksi dampak peradangan, serta mengatur tekanan darah. Sumber Omega-9 yang dianjurkan untuk Anda konsumsi adalah minyak zaitun. Gunakanlah minyak zaitun extra virgin (Extra Virgin Olive Oil / EVOO) sebagai pelengkap hidangan segar atau campuran saos. Hindari pemanasan minyak zaitun agar nilai manfaatnya sempurna.
Anda pun dapat meminum langsung Extra Virgin Olive Oil / EVOO satu sendok makan di pagi hari saat perut dalam kondisi kosong. Cara ini cukup ampuh untuk meredam kecanduan gula pada pagi hari. Konsumsi minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan peristaltic usus, melumasi usus, serta meningkatkan kinerja enzim yang bekerja di dalam saluran cerna. [ Baca selanjutnya : Tips Mengonsumsi Makanan Berkolesterol ]





You Might Also Like: