follow us

PRINSIP DIET ANTI-X PERTAMA: HINDARILAH GULA BUATAN

Meghindari Gula Buatan Dalam Prinsip Diet Anti-X 

Pada halaman ini dan selanjutnya akan kita bahasmengenai prinsip utama dari program diet anti-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas), ada bebeapa prinsip dalam diet anti-X yang harusanda pahamai, antara lain;
  1. Hindari gula Buatan
  2. Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemik
  3. Hindari Makan Dari tepung
  4. Berusaha Mengonsumsi Makanan Alami dan Segar
  5. Perbanyak Konsumsi Sayuran Rendah Efective Carbohidrat Content (ECC)
  6. Mengonsumsi Lemak Sehat 
Prinsip ke 1 : Hidari Gula Buatan
Pada halaman ini Kita akan Ulas mengenai Menghindari Gula Buatan, Sebagian besar orang sudah terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang rasanya manis. Kebiasaan menikmati the manis atau kopi manis membuat orang tersiksa saat harus menjauhi gula. Karena itu, untuk memuaskan keinginannya akan sesuatu yang manis, banyak diantara mereka yang mengganti gula alami dengan gula buatan. 

Gula buatan adalah gula sintesis yang tidak mengandung kalori yang berasal dari karbohidrat. Dalam bahasa awam disebut gula diet. Beberapa alasan orang mengonsumsi gula buatan antara lain membatasi asupan karbohidrat, ingin mengontrol kadar gula darah, dan ingin membatasi kalori harian.

Gula buatan ini memiliki kemanisan ratusan kali lebih manis dari persatuan berat gula alami. Berbagai studi menyebutkan bahwa persoalan yang ditimbulkan oleh gula buatan sangat beragam dan menimbulkan berbagai dampak buruk yang lebih serius daripada gula alami. Bahan aktif pada pemanis gula buatan dapat memicu kerusakan sel saraf dan kerusakan fungsi hormon otak.

Jika fungsi hormon otak terganggu dapat menyebabkan hormon-hormon metabolik terganggu yang menyebabkan kecanduan gula. Zat aktif pada gula buatan dapat mempercepat penuaan sel.

Gula buatan yang banyak digunakan pada industri makanan dan minuman saat ini adalah aspartam dan siklamat. Aspartam adalah gula sintesis yang memiliki kemanisan 200 kali lebih manis di banding gula alami. Aspartam mengandung phenylalanine 50 %, asam aspartat 40 %, dan methanol 10 %.

Russel L. Blaylock dalam bukunya yang berjudul “ Taste That Kill” menyatakan aspartam adalah produk berbahaya yang merupakan excitoxin perusak otak. Aspartam yang dapat mempersingkat umur sel otak. [ Halaman selanjutnya : Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemix ]

You Might Also Like: