PRINSIP DIET ANTI-X KE 2: MENJAGA ASUPAN KARBOHIDRAT RENDAH GLIKEMIK

Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemik Dalam Diet Anti-X - Apa Itu Index Glikemik?, Diet rendah gula menjadi ide dasar diet anti X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas). Anda harus pandai menentukan karbohidrat yang layak untuk Anda konsumsi. Dalam diet anti X, karbohidrat yang harus Anda konsumsi adalah karbohidrat yang rendah glikemik.

Memahami Indeks Glikemik
Indeks glikemik adalah satuan yang menunjukkan keceptan aliran gula ke dalam darah oleh suatu sumber karbohidrat. Kecepatan aliran glukosa tersebut bergantung kandungan karbohidrat Efective Carbohidrat Content (ECC) dari suatu makanan.
Efective Carbohidrat Content (ECC) = Karbohidrat Total – Serat Pangan
Keterangan:
Karbohidrat Total : Total karbohidrat pada suatu bahan pangan yang terdiri atas tepung, gula, dan serat.

Serat pangan : Polisakarida yang tidak tercerna oleh enzim pencernaan berupa serat larut dalam air dan serat tak larut dalam air.


Tinggi rendahnya ECC di tentukan oleh kadar serat dari makanan yang bersangkutan. Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, maka serat tidak masuk ke dalam aliran darah. Sehingga serat tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Semakin tinggi kandungan serat maka semakin rendah indeks glikemik dari makanan. Diet anti X tidak menganjurkan kepada Anda untuk berpantang karbohidrat.

Manfaat Makanan Rendah Glikemik

Makanan yang rendah glikemik adalah makanan yang mengandung karbohidrat aman di konsumsi. Karena meskipun di konsumsi dalam jumlah banyak tidak menyebabkan kadar gula dan insulin cepat meningkat. Berusahalah selalu memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah agar Anda selalu merasa kenyang dan tidak tersiksa karena ketagihan gula.
Mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah memiliki banyak manfaat, antara lain:
ü  Mencegah ketagihan gula karena member kepuasan hormon yang bekerja diotak dan perut.
ü  Menambah asupan serat harian dalam jumlah cukup banyak.
ü  Mengenyangkan, sehingga menunda datangnya waktu lapar.
ü  Menambah asupan nutrisi mikro karena karbohidrat kompleks memiliki kandungan nutrisi mikro yang tinggi.
ü  Mengendalikan kadar lemakdarah
ü  Menambah asupan sejumlah fitonutrisi dan fitokimia.
ü  Menambah asupan protein dan lemak.

ü  Meningkatkan pasokan  asam amino dan asam lemak esensial yang bermanfaat bagi tubuh. 

Makanan Berglikemik Rendah Pilihan Diet Anti X

Setiap jenis bahan pangan memiliki indeks glikemik yang berbeda-beda, dari mulai yang sangat rendah hingga sedang. Bagi Anda yang menjalani diet anti X, Anda dapat mengonsumsi makanan yang berglikemik rendah dari makanan pokok dan makanan selingan.

Makanan Pokok : nasi dari beras pecah kulit (brown rice/ healthy rice), oatmeal, biji gandum utuh, bekatul, jewawut (millet), sereal jagung, atau jagung tumbuk kasar.

Makanan Selingan : Kacang-kacangan, sayuran daun, sayuran buah, buah-buahan tertentu yang diperbolehkan dalam diet anti X, telur, daging, susu, polong-polongan.

[ Pada halaman selanjutnya akan kami bahas : Cara Memadukan Makanan Berglikemik Rendah dengan Menu lain ]





You Might Also Like: