PRINSIP DIET ANTI-X KE 4 : KONSUMSI MAKANAN ALAMI DAN SEGAR

Penjelasan Mengenai Berusaha Mengonsumsi Makanan Alami dan Segar Dalam Diet Anti-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah/trigleserida & kolesterol dan obesitas) - Makanan alami yang masih segar mengandung komponen nutrisi yang masih utuh sehingga dapat menambah asupan nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Pasokan nutrisi yang memadai tersebut sangat penting karena mendorong sel menjadi peka terhadap gula dan insulin.

Makanan yang masih segar adalah makanan yang memberikan kehidupan bagi sel tubuh.Menurut Profesor Arturri Virtanen- ahli biokimia peraih nobel dari Helsinki, makanan yang tidak diolah mengandung enzim alami yang akan bereaksi dengan tubuh saat makanan tersebut mulai dikunyah.

Manfaat enzim bagi tubuh masih terus dirasakan karena enzim alami dari makanan segar tidak rusak karena asam empedu atau suhu tinggi di lambung dan usus. Para ahli biokimia berpendapat bahwa kecukupan enzim yang berasal dari makanan alami memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan.

Makan makanan yang masih segar lebih mudah dicerna daripada makanan olahan. Sehingga bermanfaat untuk meringankan beban tubuh mencerna nutrisi yang dibutuhkannya. Kandungan enzim alami yang relatif utuh pada makanan segar akan mendapatkan lebih banyak nutrisi yang dikandungnya. Selain itu dapat meringankan kerja hati, dapat mempercepat laju metabolism yang berlangsung di dalam organ vital.

Untuk mendapatkan makanan alami, olahlah makanan seminimum mungkin dan jika memungkinkan sebaiknya mengonsumsi makanan yang masih mentah (raw food). Terkadang kita merasa asing dengan makanan yang serba mentah, berusahalah agar tidak mengolah atau memasak makanan terlalu lam. 

Hindarilah makanan yang telah di hangatkan karena sebagian besar nutrisinya telah hilang. Makanan yang sering dihangatkan hanya meninggalkan sepah karena nutrisi yang dikandungnya telah hilang saat dipanaskan.makanan yang demikian hanya menjadi sampah yang membebani metabolisme. [ Halaman selanjutnya Prinsip Diet Anti X ke 5 : Perbanyak Konsumsi Sayuran Rendah Efective Carbohidrat Content (ECC) ]





You Might Also Like: