Home » , , , , » PRINSIP DIET ANTI-X KE 6 : DISARANKAN MENGKONSUMSI LEMAK SEHAT

PRINSIP DIET ANTI-X KE 6 : DISARANKAN MENGKONSUMSI LEMAK SEHAT

Manfaat Mengonsumsi Lemak Sehat Bagi Penderita hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas (Penyakit Sindrom-X) - Dalam diet anti X, Anda harus cukup mengonsumsi lemak. Konsumsi lemak yang tidak memadai membuat kita berusaha kenyang dengan mengonsumsi karbohidrat. Kondisi ini penting terutama untuk mengatasi kecanduan gula yang tidak diharapkan.

Kecukupan lemak esensial sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Lemak esensial memiliki ragam fungsi nya yang tidak tergantikan oleh sumber nutrisi lainnya. Kekurangan lemak esensial secara nyata menghambat metabolisme, terkait dengan fungsinya untuk mengaktifkan kelangsungan metabolism. 


Lemak yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh tersebut diperlukan untuk meredam inflamasi, menyelaraskan kinerja hormon metabolik, mengatur kadar gula darah, mencegah kenaikan kolesterol dan trigliserida, membantu mengatur tekanan darah, dan fungsi lain yang berkaitan dengan metabolisme. Kecukupan lemak esensial juga membantu laju pembakaran lemak (lipolisis).

Manfaat Konsumsi Lemak Sehat 
  1. Mengonsumsi lemak dapat menekan resistensi insulin.
  2. Mengonsumsi lemak dapat membatasi kalori yang berasal dari karbohidrat (terutama gula dan tepung yang mengenyangkan) .
  3. Mengonsumsi lemak dapat mengurangi tradisi mengidamkan makanan manis dan bertepung.
  4. Mengonsumsi lemak dapat menimbulkan perasaan kenyang lebih lama.
  5. Mengonsumsi lemak bermanfaat untuk mendorong terjadinya keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan. 

Memahami Lemak Secara Benar

Konsumsi lemak tidak selalu menjadi faktor penyebab penyakit-penyakit yang selama ini dikaitkan dengan konsumsi lemak seperti : obesitas, hipertensi, hiperkolesterolemia, hipertrigliseridemia yang akrab di tubuh penderita sindrom X. Selama lemak yang dikonsumsi adalah lemak sehat dan dikonsumsi dalam porsi wajar, lemak bukan merupakan menu buruk pemicu sindrom X.

Lemak yang tersimpan di dalam tubuh berasal dari lemak pada makanan, dan juga berasal dari karbohidrat ataupun protein. Semua sumber kalori yang tidak habis diubah oleh tubuh menjadi energi akan diubah menjadi lemak. Jadi tanpa mengonsumsi lemak sekalipun, tubuh tetap memproduksi sendiri lemak.

Perlu anda ketahui, Makanan mengandung lemak nonesensial dan lemak esensial. Lemak nonesensial dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka keberadaannya berfungsi sebagai pemasok energi. Konsumsi lemak tidak menyebabkan lonjakan insulin seperti halnya konsumsi karbohidrat. Inilah salah satu keuntungan mengonsumsi lemak bagi yang mengalami resistensi insulin.

Untuk itu, Anda harus pandai memilih sumber lemak sehat yang banyak mengandung lemak esensial. Lemak esensial yang masuk ke dalam tubuh akan berfungsi sebagai lemak esensial bukan sebagai sumber energi. Dengan demikian, kalori yang berasal dari lemak tidak perlu dirisaukan. [ Selanjutnya : Perlunya Kecukupan Lemak Esensial (Omega-3, Omega-6, dan omega-9) ]
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Tuesday, June 13, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×