Home » , , , , » TIPS SEDERHANA MENGATASI KECANDUAN GULA

TIPS SEDERHANA MENGATASI KECANDUAN GULA

Tips Mengatasi Kecanduan Gula Harus Diatasi - Kecanduan gula merupakan alarm berbahaya yang menandakan telah terjadinya resistensi insulin. Kecanduan gula mengawali resistensi insulin, sedangkan resistensi insulin dapat memperparah kecanduan gula.

Resistensi insulin tidak akan terjadi jika sebelumnya tidak ada kecanduan gula. Sangat tepat jika kecanduan gula dianggap sebagai biang kerok penyakit diabetes, obesitas, hipertesi, dan trigliserida-kolesterol (sindrom-X). Dengan demikian kecanduan gula merupakan persoalan mendesak yang harus diatasi saat menjalani program anti X.

Jangan berusaha memanjakan diri saat ketagihan gula melanda diri Anda. Jangan menuruti kemauan otak yang memerintahkan Anda untuk mengonsumsi makanan manis gar kecanduan gula yang Anda alami terpuaskan. Sederhananya jangan pernah makan makanan yang mengandung gula dan tepung saat Anda mengalami ketagihan gula. 

Kenyataannya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan bagi mereka yang telah mengalami resistensi insulin. Mengekang diri untuk berhenti mengonsumsi gula atau tepung tanpa diimbangi oleh solusi lain tetap akan mendorong otak untuk mengidamkan gula.

Pengendalian diri untuk mengatasi kecandun gula bukan persoalan sederhana. Diperlukan kedisiplinan tinggi untuk mengatasinya. Meskipun demikian, cara yang dipilih harus cara yang cerdas agar kecanduan gula teratasi secara permanen. 

Berusaha mati-matian untuk berpantang gula dan tepung tidak akan membuahkan hasil yang bertahan lama untuk mengatasi kecanduan gula yang telah terjadi pada diri Anda. Bisa jadi Anda akan mengalami stres dengan situasi yang di paksakan ini. Oleh sebab itu, diperlukan tips khusus bagi Anda yang ingin lepas dari kecanduan gula namun tetap nyaman saat menjalaninya.

Tips Khusus Mengatasi Kecanduan Gula

Tips khusus bagi Anda yang ingin lepas dari kecanduan gula dan tetap nyaman saat menjalaninya yaitu :

1. Menjaga keseimbangan gula darah.

Pasokan gula yang rendah ke otak membuat kekacauan otak, sehingga otak membuat keputusan yang salah ingin mendptkan supan gula yang diinginkannya. Dalam hal ini, gula hanya menjadi sarana untuk memuaskan dopamine saja. Kenyataannya, jumlah gula yang di butuhkan otak sangat kecil dan tidak perlu membuat kita kecanduan gula. Untuk menghindari hal ini kita harus menjaga agar kadar gula selalu stabil.

Ada beberapa solusi untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Diet anti X memiliki tips khusus untuk Anda, yaitu :
  • Selalu sarapan dengan makanan tinggi protein, misalnya telor.
  • Sering makan dengan porsi kecil. Usahakan setiap 3-4 jam mengonsumsi protein (kacang-kacangan, susu probiotik, atau daging rendah lemak).
  • Menghindari makan menjelang tidur (maksimum 2 jam sebelum tidur). 
2. Menjauhi gula dan semua gula buatan.
3. Menghindari makanan pemicu alergi (terutama yang mengandung gluten).
4. Cukup tidur (7-8 jam per hari).
5. Optimalkan nutrisi dengan melakukan suplementasi.

Suplemen yang dapat dikonsumsi terdiri dari :
  • Vitamin D : untuk mencegah keseimbangan hormonal.
  • Omega-3 : memacu kinerja sel otak, mengontrol insulin, mencegah inflamasi.
  • Suplemen khusus : glutathione, tyrosin, 5HTP, glucomanan, Chromium balance.
Catatan : ikuti petunjuk dari setiap suplemen yang akan Anda konsumsi terutama mengenai dosis anjuran.

Tidak semua suplemen perlu Anda konsumsi bersama-sama. Pilihlah suplemen yang tepat untuk Anda. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang suplementasi, mintalah petunjuk dari ahli diet atau dokter. [ Pada halaman selanjutnya anda akan membaca "Cerdas mengenali rasa lapar" ]
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Monday, June 12, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×