MENGAPA OLAHRAGA HARUS ADA ATURANNYA? [DIET ANTI-X TAMPA OBAT]

Memahami Olahraga sebenarnya bagi penderita Diabetes, Hipertensi, Obesitas, Trigleserida & Kolesterol (Sindrom-X) - Olah raga memberi berbagai manfaat yang tidak ditemukan pada makanan dan obat manapun. Meskipun demikian, bukan berate Anda harus mati-matian berolahraga dengan harapan dapat memperoleh manfaat yang besar dari olahraga yang Anda lakukan. Olahraga secara berlebihan bukan pilihan yang baik untuk memperbaiki kondisi tubuh yang mengalami kekacauan akibat sindromX.

Sebaliknya, terlalu banyak berolahraga akan berdampak buruk bagi tubuh secara fisik dan mental yang berada dalam kondisi lemah akibat berbagai persoalan terkait sindrom X. Olahraga memang melelahkan, namun berbeda dengan kelelahan fisik. Kelelahan fisik karena terlalu dipaksakan untuk beraktivitas.


Saat fisik lelah, sel tubuh pun mengalami kelelahan. Stres oksidatif pun terjadi akibat reaksi biokimia untuk melawan produksi asam laktat dari otot lelah. Selain itu olahraga yang berlebihan juga memicu stres neurologis. Olahraga yang berlebihan akan menimbulkan dampak terciptanya radikal bebas. 

Keberadaan radikal bebas ibarat karat yang merusak sel-sel tubuh kita. Radikal bebas yang tidak tertangani dengan baik oleh antioksidan yang tersedia di dalam tubuh dapat memicu peradangan yang pada gilirannya meredupkan metabolisme.

Jangan pernah berfikir bahwa setelah sekian jam Anda berlari sampai kelelahan, tubuh Anda akan mengalami perbaikan metabolisme. Jangan pernah pula berharap bahwa lari di atas tread mill sampai napas Anda ngos-ngosan bermanfaat untuk meredam ketagihan gula yang selama ini menjadi hobi Anda. 

Ingatlah, olahraga secara berlebihan justru membuat sel di tubuh Anda mengalami penuaan karena terpapar oleh radikal bebas yang dihasilkan selama olahraga berlangsung. Untuk itu olahraga ada aturannya.

Latihan Beban Yang Bernilai

Latihan aerobic saja tidak cukup untuk mengatasi persoalan sindrom X yang rumit terutama jika ingin lepas dari problem obesitas. Latihan Aerobik bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas oksigen dan memperbaiki sistem hormonal. Latihan tambahan pada aerobic yang dilakukan untuk mengatasi obesitas atau persoalan sindrom X adalah latihan perenggangan dan latihan beban. 

Latihan perenggangan berfungsi untuk menjaga kelenturan tubuh, sedangkan latihan beban bermanfaat untuk menjaga masa otot dan membangun otot yang kokoh. Latihan beban adalah latihan terbaik untuk mempercepat pengikisan lemak tubuh, terutama lemak di pinggang Anda. 

Lemak di bagian perut adalah sumber malapetaka sindrom X. Karena itu, secara tidak langsung latihan beban yang mengikuti aturan dapat menjadi sarana untuk mempercepat proses penyembuhan sindrom X. [ Halaman Selanjutnya : Alasan Mengapa Anda Harus Olahraga Teratur? ]





You Might Also Like: