follow us

PENTING...!!! BAGI PENDERITA DIABETES PERHATIKAN HAL INI SEBELUM BEROLAHRAGA

Petunjuk Berolahraga untuk Penderita Diabetes - Pada halaman sebelumya sudah kami berikan beberapa petuntuk Untuk menghindari resiko cedera ketika Kita berolahraga khususnya anda yang penyakitnya koplikasi meliputi hiperetensi, obesitas, peningkatan level gula darah dan termasuk diabetes. Nah pada halaman ini lebih spesifik khusus yang sudah terkena diabetes, Memang olahraga memiliki segudang manfaat bagi penderita diabetes.

Olahraga yang dilakukan secara teratur bermanfaat untuk mengembalikan fungsi metabolisme gula yang terganggu pada penderita diabetes. Namun dibalik manfaatnya olahraga dapat mengundang resiko yang besar jika tidak dibekali dengan pengetahuan tentang petunjuk olahraga yang tepat untuk penderita diabetes, ada beberapa petunjuk yang harus Anda perhatikan :

Petunjuk Berolahraga untuk Penderita Diabetes

1). Konsultasikan kepada dokter Anda tentang olahraga yang akan Anda jalani. Hal ini penting untuk mencegah cedera dan risiko yang terjadi selama Anda berolahraga dan lebih berhati-hati dalam berolahraga.

2). Lakukan tes gula darah sebelum Anda berolahraga. Jangan berolahraga jika kadar gula darah Anda diatas 300mg/dl atau lebih tinggi dari 250mg/dl dengan keton dalam urine. Jika kadar gula darah saat akan berolahraga kurang dari 100 mg/dl, Anda harus mengonsumsi dahulu sumber karbohidrat sehat, misalnya : konsumsi 1 buah jeruk mandarin atau sayuran yang dikukus.

3). Perhatikan perubahan apakah olahraga yang Anda lakukan berpengaruh pada kadar gula Anda.

4). Pastikan Anda tidak cedera dan dalam keadaan sehat setelah menjalani olahraga. Jika ada cedera ringan seperti lecet, segera mungkin luka tersebut diobati.

5). Jika sebelumnya Anda pengguna insulin atau mengonsumsi obat diabetes lakukan tes kadar gula setelah berolahraga untuk mengetahui perubahan kadar gula yang terjadi pada diri Anda. Olahraga bagi pengguna obat penurun kadar gula darah tersebut menyebabkan penurunan kadar gula secara drastic

6). Minumlah secangkir air putih setiap 20 menit selama latihan olahraga berlangsung.

7). Jika Anda akan berolahraga selama 60 menit, usahakan pada menit ke-30 Anda mengudap snack sehat berglikemik rendah. Buah rendah gula, sayuran, atau kacang-kacangan menjadi pilihan praktis untuk menjkaga kestabilan insulin sepanjang Anda berolahraga.

Demkianlah pentunjuk berolahraga bagi anda yang khusus penderita penyakit diabetes, pada halaman selanjutnya dapat anda baca mengenai Olahraga Pilihan Atau Yang Disarankan Untuk Pelaku Diet Anti-X termasuk diabetes.

You Might Also Like: