PETUNJUK SEBELUM OLAHRAGA BAGI PENDERITA DIABETES & OBESITAS

Petunjuk Berolahraga untuk Mengatasi Sindrom-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah/trigleserida & kolesterol dan obesitas) - Penyakit Diabetes dan yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) disini saya kelompokan dengan istilah Sindrom-X. Setiap aktivitas fisik berisiko, demikian juga dengan olahraga, pada individu dengan kondisi tubuh yang tidak sehat karena mengalami berbagai macam problem kesehatan terkait sindrom X memiliki peluang mengalami cedera pada saat berolahraga. Untuk itu, berusahalah agar olahraga dapat dilakukan dengan aman. Cedera sering kali terjadi karena melakukan olahraga yang terlalu keras atau tidak berhati-hati ketika berolahraga.


Untuk menghindari resiko cedera ketika Kita berolahraga, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan sebelum berolahraga:
  • Pilihlah tempat berlatih yang aman dan nyaman.
  • Awali olahraga dengan perlahan.
  • Lakukan Pemanasan dahulu selama beberapa menit sebelum menjalani latihan utama. Pemanasan akan mengurangi risiko cedera dan mempersiapkan otot untuk siap beraktivitas. Pilihlah aerobic ringan sebagai pemanasan baru diikiti peregangan dan latihan lainnya.
  • Hindari latihan yang menguras tenaga saat baru memulai mencoba menjalani latihan apapun.
  • Lakukan olahraga secara teratur setiap hari atau dengan jadwal yang teratur dalam satu minggu. Jangan hanya berolahraga saat akhir pekan saja.
  • Perkuat sendi yang Anda gunakan untuk banyak bergerak. Jika Anda akan berjalan kaki, kuatkan sendi lutut dan pergelangan kaki. Jika ingin menjalani letihan beban maka perkuat otot bisep Anda.
  • Latihlah pernafasan dengan baik selama berolahraga. Hal ini penting untuk menjaga tekanan darah agar stabil.
  • Usahakan cukup minum selama berolahraga. Persiapkan minum secukupnya sebelum mulai berolahraga.
  • Jika Anda merasa ada bagian tubuh yang nyeri sebaiknya jangan berolahraga dulu.
  • Gunakan pakaian olahraga yang praktis agar nyaman.
  • Gunakan sepatu untuk menghindari cedera pada kaki.
  • Gunakan pelindung tubuh sebagai pengaman seperlunya pada saat olahraga tertentu; misalnya : helm, pelindung lutut.
  • Periksa dahulu peralatan olahraga sebelum Anda gunakan.
BACA JUGA: INILAH ALASAN MENGAPA ANDA HARUS OLAHRAGA TERATUR
Demikianlah hal yang harus diperhatikan jika akan berolahraga bagi penderita penyakit sindrom-X meliputi Obesitas, diabetes, peningkatan level lemak dalam darah dan kolesterol, halaman selanjutay akan anda baca mengenai Petunjuk Berolahraga untuk Penderita Diabetes




You Might Also Like: