follow us

SUMBER PROTEIN & MANFAATNYA BAGI TUBUH

Sumber Protein Dan Manfaatnya Bagi Tubuh - Protein adalah nutrisi makro dengan kalori yang sama seperti karbohidrat. Bedanya, protein tidak memerlukan insulin untuk memprosesnya menjadi energi. Konsumsi protein yang memadai selama menjalani diet anti X diharapkan terbangun pembentukan sel-sel baru yang masih muda untuk memacu metabolisme dalam tubuh dapat lebih giat lagi bekerja.

Manfaat Protein Untuk Tubuh

Ragam manfaat protein bagi tubuh sangat banyak sekali, diantaranya :
  1. Sebagai sumber asam amino yang diperlukan dalam komponen pembangunan sel tubuh, 
  2. Pembentukan sel baru (regenerasi sel) yang menggantikan sel lama yang telah aus atau sel yang rusak akibat proses penuaan, 
  3. Meredam lonjakan insulin
  4. Mencegah kenaikan kadar gula darah
  5. Mampu mengembalikan metabolisme tubuh kembali ke jalur yang benar
  6. Mengandung asam amino yang diperlukan untuk menyelaraskan kinerja hormon otak yang mengendalikan nafsu makan
  7. Dapat meredam stres neurologis
  8. Untuk memacu kerja metabolisme berjalan selaras
  9. Untuk mengaktifkan kinerja dan fungsi organ penting dalam tubuh dapat bekerja.
  10. Memperbaiki keseimbangan neurotransmiter yang bekerja di otak dan perut
  11. Mengandung fitostreol yang bermanfaat untuk mencegah kadar kolesterol tinggi

Keberadaan asam amino esensial dapat memacu kinerja hormon metabolik dalam menjalankan metabolisme. Dalam diet anti X, ada sumber protein pilihan yang disarankan untuk Anda konsumsi. Protein pilihan tersebut adalah protein yang kaya asam amino esensial dan memiliki nilai cerna protein yang tinggi.

Untuk mendapatkan pasokan asam amino esensial dalam jumlah memadai, tentu harus memilih sumber protein yang tepat. Bisa saja Anda mengonsumsi sumber protein dalam jumlah banyak agar kebutuhan tubuh akan asam amino terpenuhi, namun tidak boleh melampaui batas. Persoalan kalori yang berlebihan tetap harus mendapatkan perhatian.

Diet anti X memperbolehkan Anda mengonsumsi protein hewani dan protein nabati. Namun, khusus bagi Anda yang memiliki level kolesterol sangat tinggi, sangat dianjurkan agar mengutamakan protein nabati daripada protein hewani. Beberapa studi menyatakan, asam amino lysine yang terdapat dalam sumber protein hewani memiliki kecenderungan yang lebih buruk dalam meningkatkan kolesterol darah. 

Sedangkan pada sumber protein nabati mengandung arginin yang memiliki kemampuan menurunkan kolesterol. Dalam diet anti X, porsi protein yang Anda konsumsi tidak lebih dominan di banding porsi karbohidrat dan lemak, dan kandungan kolesterol pada sumber protein yang Anda konsumsi juga perlu Anda perhatikan.

Sumber Protein Untuk Tubuh

Sumber Protein Pilihan yang Dianjurkan untuk Anda Konsumsi dalam Diet Anti X yaitu :
  • Telur. Selalu konsumsi telur ayam kampung atau telur bebek dari peternakan tradisional. Sedapat mungkin hindarilah telur ayam ras kecuali telur ayam ras yang dipelihara secara organik dan telur yang diperkaya dengan omega-3.
  • Ikan laut yang bersirip. Hindari mengonsumsi : ikan yang tidak bersirip, ikan yang hidup di dasar laut atau sungai, kerang, kepiting, dan tiram.
  • Daging ayam kampung, hindari konsumsi jerohannya,
  • Daging itik tanpa kulit, hindari konsumsi jerohannya,
  • Kacang-kacangan (kacang tanah, almond, pischacio, kacang hijau, kacang merah, adzuki, kedelai, kecipir, kacang bogor, dan koro),
  • Tahu, 
  • Yoghurt,
  • Sari kedelai, 
  • Taoge,
  • Sayuran dari keluarga polong-polongan, 
  • Tempe. 
Demikianlah Sumber Protein bagi tubuh sekaigus manfaatnya, yang mana hal ini penting sekali untuk anda ketahui selagi melakukan program diet bagi penderita sinrom-X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas)

You Might Also Like: