CARA MENGENDALIKAN STRES AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT SINDROM-X

Cara Mengendalikan Stres Supaya Terhindar Dari Penyakit Sindrom-X [ hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah / trigleserida & kolesterol dan obesitas]. - Kondisi psikis sangat mempengaruhi kualitas metabolisme. Laju metabolisme dipengaruhi oleh suasana hati. Suasana hati stes menjadi penghalang berlangsungnya aktivitas metabolisme. Disfungsi metabolisme salah satunya disebabkan oleh stres dan depresi.

Di dalam tubuh bekerja hormon-hormon yang mengendalikan proses biologis yang berlangsung di dalam tubuh. Hormon stres yang dihasilkan oleh otak dan kelenjar adrenal memiliki pengaruh yang sangat nyata dalam menentukan arah metabolisme.

Kecepatan metabolisme ditentukan oleh kondisi hormon stres.Saat keseimbangan hormon stres meningkat, laju metabolisme akan melambat. Stres menjadi pemicu resistensi insulin.. Secara langsung ataupun tidak langsung dapat mendorong terjadinya resistensi insulin.

Dampak Stres Pada Tubuh

Dampak stres terhadap tubuh beragam, berikut dampak stres terhadap kesehatan tubuh.
  • Menganggu sistem kendali nafsu makan.
  • Melemahkan sistem imun, sehingga meningkatkan risiko peradangan. 
  • Melemahkan kemampuan tubuh untuk mengasimilasi nutrisi yang diperlukan untuk kehidupan sel.
  • Menghambat fisiologis tubuh. 

PENGENDALIAN STRES MENJADI KUNCI SUKSES PROGRAM ANTI-X

Sasaran utama program anti X adalah memperbaiki resistensi insulin. Kondisi tubuh kebal terhadap insulin tersebut dapat diatasi dengan menjalankan diet anti X secara disiplin diikuti olahraga yang memadai. Tidak hanya perbaikan metabolisme di dalam tubuh, stres juga dapat menjadi biang kerok yang dapat mengacaukan kondisi psikis dan sistem metabolisme tubuh.

Oleh karena itu stres harus dikendalikan, jika ingin seluruh neurotransmiter yang bekerja mengatur metabolisme dapat bekerja sebagaimana mestinya. Mesin metabolisme akan bekerja dengan baik jika faktor penghambatnya disingkirkan terutama stres.

Perasaan tertekan karena harus membatasi makanan tidak sehat sesungguhnya bukan merupakan pesan alami yang disampaikan tubuh yang berada dalam kondisi normal. Pesan ini buruk karena mendorong munculnya kecanduan gula dan nafsu makan semu yang menjadi provokator utama resistensi insulin. Semuanya diawali oleh kondisi psikis yang mengalami stres.

Sindrom X dapat dialami siapa saja, namun seseorang yang dalam kondisi stres atau cenderung mudah mengalami stres berpotensi mengalami sindrom X. Kehidupan modern yang berpeluang tinggi sebagai pemicu tres, antara lain merupakan faktor penting yang mendorong semakin meningkatnya pandemic sindrom X di kalangan masyarakat luas.

CARA MENGENDALIKAN STRES

Setiap individu memiliki toleransi terhadap stres yang berbeda-beda. Intensitas stres yang dialami seseorang hanya dapat ditakar oleh orang yang bersangkutan. Karena itu, pengendalian stres untuk setiap orang juga berbeda-beda.

Beberapa langkah pengendalian stres yang umum dilakukan sebagian besar orang adalah :

1. Semua permasalahan yang Anda rasakan sebagai penyebab stres harus Anda anggap sebagai persoalan biasa yang pasti ada solusinya. Dengan mengurangi tekanan beban beban permasalahan yang Anda rasakan, Anda dapat berfikir dengan tenang untuk mencari solusi pemecahan persoalan yang menjadi biang kerok stres. Atau mungkin perlu bantuan orang lain dalam mengatasi permasalahan Anda.

2. Meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri dengan bermeditasi, yoga, sauna, menjalankan hobi, atau melakukan relaksasi yang dapat meredakan stres yang Anda alami.

3. Disiplin dalam pengaturan dan konsumsi menu diet anti X yang kaya nutrisi dapat bermanfaat meredam stres.

4. Berolahraga anti X yang dirancang sangat efektif untuk meredam stres.

5. Melakukan suplementasi yang memadai, dapat mengendalikan stres.

SUPLEMENTASI UNTUK MEREDAM STRES

Beberapa macam suplemen memiliki kemampuan yang sangat baik untuk meredam stres. Suplemen yang bermanfaat untuk meredam stres adalah :

a. Vitamin B5
b. Vitamin B6
c. Folat
d. Vitamin B12
e. Vitamin E
f. Gingseng China
g. DHEA
h. SAMe (S-Adenosiylmethionie)
i. Phosphatidylserine
j. Melatonin
k. Serta multimineral yang mengandung selenium dan zink

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang suplementasi, sangat sianjurkan agar Anda mendapat petunjuk dari dokter yang memahami suplementasi anti depresan.

BACA JUGA : PEDOMAN MEMILIH SUPLEMEN UNTUK PELAKU DIET ANTI-X

HINDARI KONSUMSI OBAT ANTIDEPRESAN

Jalan pintas untuk mengatasi depresi dengan menggunakan obat antidepresan. Berbagai bahan aktif memiliki efek meredam depresi. Dibalik khasiat obat antidepresan sebagai obat penenang, obat ini sarat persoalan. 

Kekacauan metabolisme yang menggiring seseorang mengalami kecanduan gula dan resistensi insulin antara lain konsumsi antidepresan secara rutin. Masih ada cara yang lebih bijaksana untuk meredam stres tanpa harus mengonsumsi antidepresan.





You Might Also Like: