follow us

NIH...!!! YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM KURBAN

Hal yang perlu di perhatikan sebelum Kurban 'Idul Adha - Assalamualaikum sahabat muslim di seluruh penjuru dunai, semoga keselamatan dan kesejahteraan untuk anda semua, tak lupa sholwat dan salam kita tujukan kepada nabi kita Muhammad Shollallahualaihi Wassalam. Hari raya 'Idul Adha tinggal menghitung 1 hari lagi, apakah anda kan berkurban untuk tahun ini? selamat ya.. sebab anda termasuk golongan Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, untuk yang belum mampu saya doakan tahun depan bisa melaksanakan ibadah Kurban.


Banyak yang belum mangetahui akan makna kurban, baik dari segi ibadah ataupun syarat sahnya hewan yang akan di kurbankan, disini saya hanya share sedikit ilmu menurut yang sudah saya pahami dari berbagai kajian.


Hukum Berkurban Hari Raya 'Idul Adha

Hukum kurban adalah sunnah Muakkadah, artinya sunnah yang di tekankan jika anda mampu, bahkan jika anda mampu membeli namun tidak berkurban kata Rasulullah dalam suatu hadis yang diriwayatkan  Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahihkannya bahwasannya; 


مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

Dari Abi hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat shalat kami”

Sabda rasulullah diatas adalah sindiran kepada orang orang munafik pada masa itu.

Kemudian dalam Aquran Al-Kautsar : 2
فَصَل لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah"

Saran saya jika anda mampu sebaiknya berkurbanlah walaupun hukumnya sunnah, jika dikerjakan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak berdosa. Berbeda jika anda bernadzar sebelumnya "Jika tahun ini saya mampu membeli hewan kurban, maka saya akan berkurban" maka hukumnya wajib.


Pemilihan Hewan Kurban Kambing/Domba & Sapi

Hal yang penting anda perhatikan sebelum berkurban adalah memahami pemilihan hewan kurban yang benar dan rukun berkurban...
  • Jika hewan yang dikurbankan adalah kambing atau domba maka anda pilih yang terbaik, disarankan jenis kelamin jantan, gemuk, dan sehat tidak cacat walaupun bolong sedikit pada telinga atau patah tanduknya, atau juga tidak pincang.
  • Pastikan hewan kurban minimal umur 1 tahun, berlaku kambing dan sapi.
  • Kurban Kambing atau domba hanya untuk 1 orang , walaupun atas nama 1 keluarga namun pahala tetap 1 orang yang mengeluarkan biaya, walaupun urunan tetap berlaku untuk 1 orang.
  • Kurban Sapi maksimal boleh urunan maksimal 7 orang, sehingga kurang dari 7 orang diperbolehkan. Jika lebih dari 7 orang tidak boleh
  • Bekurban hanya untuk orang yang masih hidup, bukan untuk diniatkan kepada orang yang sudah meninggal, sebab orang yang sudah meninggal hanya membawa amalnya sendiri, beda dengan doa, anda boleh berdoa kapada yang sudah meninggal.
  • Berkurban hanya berlaku tanggal 10 Dzul Hijjah setelah sholat 'Idul Adha, dan 11, 12, 13 Dzul Hijjah sebelum terbenam matahari. Jika melewati tanggal 13 misalanya 14, 15 anda bukan kurban hari raya namun masuknya sedekah.
  • Daging hewan kurban tidak boleh di jual belikan, "Jika engaku suka makanlah, jika tidak suka sedekahkanlah"
  • Yang penting lagi adalah pastikan yang menyembelih orang muslim dengan ditandai mendirikan sholat fardhu. Tidak boleh orang yang tidak sholat "Perbedaan orang muslim dan orang kafir adalah Sholat"
Demikianlah hal hal yang perlu diperhatikan sebelum berkurban, referensi dari berbagai sumber kajian lalu saya rangkum dihalaman ini.

You Might Also Like: