follow us

APAKAH DIABETES ADALAH PENYAKIT KETURUNAN?

Apakah Penyakit Hipertensi, Diabetes,Trigleserida / kolesterol Dan Obesitas Faktor Keturunan / Genetika? - Banyak orang berpendapat bahwa penyakit yang saya sebutkan diatas adalah faktor keturunan, ya memang jika orang tua kita penderita diabetes maka anak anaknya akan berpeluang terkena penyakit itu juga, namun itu tidak merupakan alasan utama. Para ahli berpendapat bahwa faktor lingkungan (pola hidup & makanan) memiliki andil jauh lebih dominan dalam menentukan metabolisme dibandingkan genetik.


Jika saat ini anda mengalami Hipertensi, Diabetes,Trigleserida / kolesterol Dan Obesitas jangan terburu buru untuk menyalahkan gen buruk orang tua yang diturunkan kepada anda, meskipun orang tua juga mengalami hal yang sama dengan yang anda derita. Jika memang faktor utama adalah keturunan (genetika) kenapa tidak sejak dari kecil anda terkena sindrom X ( Hipertensi, Diabetes,Trigleserida / kolesterol Dan Obesitas ).

Kesalahan pertama adalah pola makan anda yang dilakukan beberapa tahun terakhir, dalam hal ini adalah makanan memiliki andl besar menciptakan kekacauan tersebut. Makanan mengarahkan bagaimana gen memerintah tubuh untuk mengatur metabolisme gula, kolesterol, trigleserida, menjaga kesatbilan tekanan darah dan menentukan apakah lemak disimpan dalam jaringan penyimpanan atau diubah menjadi energi.

Kekacauan genetik juga dipengaruhi oleh faktor lain yaitu aktifitas fisik yang kurang aktif tidak pernah olah raga sama sekali, hidup dalam tekanan / stres juga kebiasaan buruk lain-nya yang meneybabkan tubuh penuh racun ( mer*kok, minuman beralk*hol, narkoba ).

Kebiasaan hidup secara menyeluruh merupakan faktor kompleks yang meyebabkan tubuh anda gagal menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga menimbulkan sederet masalah sindrom X yang rumit ( Obesitas, hipertensi Diabetes,Trigleserida / kolesterol ).

Pengaruh Pola Hidup Orang Tua

Gaya hidup dipengaruhi oleh kebiasaan sejak anak anak hingga dewasa, kebiasaan yang terpola dalam rumah tangga dapat ditularkan dari orang tua kepada anak anaknya. Gaya hidup tidak sehat yang dilakuan orang tua dapat ditiru oleh anggota keluarganya, hal ini sangat memungkinkan jika status kesehatan dari satu generasi ke generfasi berikutnya terbentuk akibat gaya hidup yang menjadi tradisi dalam sebuah keluarga.

Misalnya pola makan yang tidak sehat yang menjadi kebiasaan sebuah keluarga, gaya hidup bermalas malasan, jarang berolah raga, berlama lama di depan TV atau laptop, kesukaan pada minuman beralkohol dan rokok kesemuanya itu dapat mempengaruhi status kesehatan pada diri seseorang. Metabolisme sangat di pengaruhi oleh kebiasaan kebiasaan tersebut, namun hal tersebut tidak ada kaitan-nya sama sekali dengan gen yang bersifat menurun.

Itulah kesimpulan pada anggapan orang bahwa penyakit Diabetes, Hipertensi, Trigleserida / kolesterol Dan Obesitas faktor utama penyebabnya bukanlah keturunan, namun disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan.

You Might Also Like: