follow us

CARA MENCEGAH STROKE DAN MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA

Bagaimana Cara mencegah Penyakit Stroke? Apa Yang Harus di Lakukan Jika Menjumpai Orang Yang Terkena Stroke - Sebagaimana kita ketahui bahwa serangan stroke terjadi jika aliran darah ke otak terhalangi atau tersumbat bisa juga karena pembuluh darah diotak pecah, kemudian disertai  bicara pelo, mulut mencong, kelemahan atau lumpuh pada satu sisi tubuh yang biasa disebut mati separo, wajah turun sebelah dan terasa baal. Karena begitu fatalnya akibat yang ditimbulakan oleh penyakit stroke ini untuk anda yang belum mengalami stroke akan lebih baik anda mencegahnya.


Pencegahan Stroke

Pencegahan Stroke bisa anda lakukan dengan mulai memerangi faktor penyebab stroke itu sendiri seperti hipertensi, obesitas, kencing manis. Dengan menghindari faktor faktor tersebut stroke dapat diperkirakan sebelumnya dan dapat dicegah hingga 85%.

Pada kenyataan-nya sekitar 1/3  pasien stroke sekarang dapat pulih sempurna dan proporsi ini dapat meningkat jika pasien selalu mendapatkan terapi darurat dan rehabilitasi yang memadai dari para profesional atau dokter spesialis stroke.

Pertolongan Pertama Pada Stroke

Lalu bagaimana jika kita sewaktu waktu menjumpai orang yang terkena stroke? apa yang harus dilakukan pertama kali? untuk menjawab ini bisa anda lakukan hal hal dibawah ini...
  • Bawa pasien ke tempat yang aman
  • Posisikan orang tersebut dalam keadaan tubuh menghadap ke sisi kiri
  • Segera hubungi rumah sakit terdekat dan minta ambulans untuk datang ke lokasi
  • Atau Anda bisa langsung mengantar orang tersebut ke rumah sakit
  • Semakin cepat stroke ditangani akan semakin baik pula hasilnya
  • Penanganan selanjutnya akan dilakukan oleh tim medis di rumah sakit

Menusukan Jarum Pada Jari

Lalu bagimana dengan saran dari orang untuk mengeluarkan darah korban dengan menggunakan jarum yg telah dibakar/disteril yg kemudian ditusukkan ke ujung setiap jari masing2 sampai darahnya keluar± 1-2 tetes, katanya itu pertolongan pertama sekaligus pencegahan-nya?

Cara itu tidak benar, Penusukan jari dengan jarum pada penderita stroke tidak ada manfaatnya. Penusukan dengan jarum justru bisa menimbulkan resiko infeksi apabila jarum yang dipakai tidak steril. Jangan menunda untuk menghubungi atau membawa pasien ke rumah sakit terdekat karena setiap detik yang terbuang sangat berharga bagi penderita stroke.

Begitulah Hal hal yang bisa anda lakukan untuk pencegahan penyakit stroke, dan hal yang harus anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita Stroke, semoga bermanfaat..

Reverensi: Dr. Rudiyanto Sofwan & www.alodokter.com

You Might Also Like: