follow us

APA ITU HORMON INSULIN? PERAN DAN TUGAS HORMON INSULIN DALAM TUBUH

Apa yang dimaksud dengan Hormon Insulin? Apa Peran dan Tugas Insulin Pada Tubuh Manusia - Bagaimana Terjadinya Diabetes Tipe-2? - Secara normal, tubuh anda mengubah makanan yang anda konsumsi menjadi glukosa, yang di gunakan untuk memproduksi enengi. Glukosa dapat duibah menjadi energi jika tersedia insulin, organ yang bertanggung jawab untuk memproduksi adalah pankreas yaitu suatu organ yang terletak dekat lambung. Pankreas ini memproduksi insulin yang melekatkan dirinya pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel, yang dengan demikian memungkinkan glukosa memasuki sel.

Metabolisme gula sesungguhnya melibatkan beberapa hormon, namun insulin-lah yang menjadi hormon nomer satu yang mengatur kadar gula darah. Insulin adalah hormon kunci yang menentukan tinggi rendahnya kadar gula dalam darah dalam tubuh anda, insulin bertindak sebagai kunci yang membuka reseptor agar gula memasuki sel. Sel sel tersebut kemudian merubah glukosa menjadi energi untuk memberi makan pada tubuh kita.

Apa itu hormon Insulin?

Insulin di butuhkan oleh sel untuk menggunakan gula yang tersedia di dalam tubuh. Sebagai hormon metabolik, insulin mengatur seluruh metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh kita. Sebagai hormon anabolik insulin memegang kunci untuk penyusunsn jaringan baru, fungsi anabolik ini terjadi dengan memerintahkan sel untuk mengambil gula yang diperlukan sebagai sumber energi untuk penyususnan jaringan baru.

Proses Terjadinya Diabetes tipe-2
Saat anda mengkonsumsi karbohidrat, tubuh memberi sinyal pada pankreas untuk mengeluarkan insulin. Hormon ini bertugas untuk membuka gembok yang mengunci sel sehingga sel terbuka untuk menerima glukosa masuk ke dalamnya. Di dalam sel glukosa dibakar menjadi energi, jika insulin tidak bekerja dengan baik, maka glukosa tidak masuk ke dalam sel, sehingga gula darah meningkat.

Inilah yang terejadi pada pendertita diabetes tipe-2, level insulin tinggi namun gula tidak dapat disalurkan ke dalam sel dengan baik. Resistensi sel terhadap insulin menjadi ciri khas penderita diabetes tipe-2.

Hormon lain yang berperan dalam mengendalikan glukosa adalah glukagon, sama seperti insulin glukagon dihasilkan oleh pankreas. Saat level gula rendah, glukagon melepas glikogen dari hati serta merubah protein menjadi glukosa. Konerja glukagon sangat terbatas karena cadangan glikogen yang tersedia di dalam hati rendah.

Kontrol biologi untuk mengatur gula level gula berlangsung jika terjadi sekresi insulin dan glukagon dari pankreas serta kerja sama yang baik antara pankreas dan hati untuk menjaga kestabilan level glukosa. Keseimbangan tersebut menjadi kacau saat anda memiliki level insulin yang tinggi akibat resestansi insulin.

Demikianlah penjelasan lengkap taentang apa yang dimaksud dengan hormon insulin dalam tubuh kita, dan peran serta tugas insulin dalam menstabilkan gula darah.

You Might Also Like: