follow us

HUBUNGAN ANTARA PENYAKIT ASAM URAT DAN INSULIN

Apa Hubungan-nya Hormon Insulin Degan Penyakit Asam Urat? - Penyakit Asam Urat (gout) termasuk salah satu jenis arthritis yang disebabkan oleh kegagalan tubuh dalam memetabolisir purin. Hingga kini faktor yang menyebabkan peningkayan kadar purin pada penderita asam urat belum sepenuhnya di ketahui, sementara ini banyak orang berasumsi bahwa konsumsi banyak makanan yang mengandung purin seperti sarden, jeroan dan minuman beralkohol (beer) diduga kuat sebagai pemicunya.

Namun peningkatan kadar asam urat ternyata tidak selalu terjadi pada individu yang gemar mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Diet rendah purin tidak banyak membawa manfaat pagi penderita asam urat (gout) yang mengalamai resistensi insulin. Menghindari sarden, jeroan, udang dan berbagai macam makanan yang memiliki kandungan purin tinggi tidak berhasil menurunkan kadar asam urat karena sumber pemicu kenaikan usam urat yang utama bukanlah dari makanan.

Hubungan Antara Insulin Dan Penyakit Asam Urat

Makanan yang mengandung purin hanya menyumbang 15% terhadap kadar asam urat, artinya membatasi makanan tinggi purin hanya memiliki kontribusi yang sangat kecil dalam menekan tingginya kadar purin.

Hubungan Antara Insulin Dan Penyakit Asam Urat - Sejumlah studi mengunkap fakta yang menyatakan bahwa salah satu pemicu peningkatan kadar asam urat adalah resistensi insulin. Dalam Journal of the American Medical Association menyebutkan resistensi insulin mendorong terjadinya penigkatan level asam urat dalam darah secara nyata.

Dalam studi lain menyebutkan, resistensi insulin menyebabkan keseimbangan hormonal terganggu sehinngga memicu peningaktan kadar asam urat. Demikian peryataan Dr. Ch. Tseng & Dr. Y. Tai setelah mengadakan serangkaian penelitian terhadap individu yang mengalami hiperuricemia.

Sejumlah penelitian mengatakan, konsumsi gula sederhana khususnya fruktosa justru memiliki pengaruh lebih nyata dalam peningkatan kadar asam urat dibanding makanan tinggi purin. Gula memiliki pengaruh yang sama dengan alkohol dalam memicu kenaikan asam urat. Dengan latar belakang itulah maka perbaikan terhadap insulin dan gula memberi dampak positif terhadap pengendalian kadar asam urat.

Dengan menjalani program Diet Anti-X yang akan kami bagikan di situs www.penyakit.xyz ini semuanya akan anda peroleh. Diet terpadu ini tidak hanya membebaskan anda dari resistensi insulin, mengatasi problem gula darah, lemak darah, dan obesitas, namun juga sangat membatu untuk menjaga kestabilan kadar asam urat anda.

You Might Also Like: