follow us

HUBUNGAN INSULIN DAN PENYAKIT JANTUNG KORONER

Hubuangan Antara Insulin Dan Penyakit Jantung - Ada sejumlah teori yang di sepakati sebagai penyebab terjadinya penyakit jantung koroner (Coronary artery disease). Peningkatan kadar kolesterol, oksidasi LD, peningkatan homositein, infeksi patogen, (Clamydia spp), aliran darah (hemodynamic therory) dan iron-storage-theory adalah teori teori penyebab penyakit jantung koroner yang sementara ini digunakan oleh para ahli. Sementara itu para ahli sepakat jika peningkatan level insulin menjadi pemicu berkembangnya faktor yang menyebabkan penyakit jantung koroner.

Hubuangan Antara Insulin Dan Penyakit Jantung

Mekanisme Yang Terjadi Pernyakit Jantung

  1. Pertama insulin merangsang perkembangan sel otot polos di dinding arteri, membuat liang arteri menjadi tebal, dan menyempit. 
  2. Lalu Insulin merangsang pertumbuhan jaringan penghubung yang mempercepat pertumbuhan plak di bagian dalam dinding arteri. 
  3. Insulin merangsang oksidasi LDL, saat kadar gula meningkat, peningkatan level insulin di ikuti peningkatan level gula akan mendorong terjadinya "karamelisasi". LDL yang mengalami kerusakan ini akan merusak sistem imun (makrophage). Materi protein yang rusdak tersebut bersatu dengan LDL yang telah teroksidasi membentuk plak di dinding arteri. 
  4. Resistenai insulin merangsang produk fibrinogin, sehingga penggumpalan darah berlangsung lebih cepat. Kondisi ini menghemat sirkulasi oksegen ke jantung. 
  5. Insulin merangsang ginjal membuang magnesium dan kalium, akhirnya mengganggu keseimbangan ion yang ada disekitar sel jantung, sehingga detak jantung menjadi abnormal, serta memperlemah kinerja otot jantung.
Begitulah hubungan antara Hormon Insulin dengan penyakit jantung koroner, pada halaman selanjutnya anda bisa membaca hubungan antra Insulin dengan penyakit asam urat, seringlah singgah disitus ini untuk mendapatkan informasi lengkap Insulin.

You Might Also Like: