follow us

PROSES TERJADINYA RESISTENSI INSULIN PENYEBAB KEKACAUAN SEL TUBUH

Proses Terjadinya Resistensi Insulin Sehingga Menimbulkan Kekacauan Sel Dalam Tubuh - Makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, permen, sirup, dan berbagai manisan memicu kenaikan insulin secara cepat. Pasokan karbohidrat yang mengandung banyak gula dan tepung merangsang pankreas untuk memompa insulin keluar lebih banyak untuk mengimbangi kadar gula yang tinggi dalam darah.

Akibat membanjirnya aliran gula yang berasal dari makanan tersebut. Insulin mengubah gula menjadi glikogen dan menyimpan-nya dalam hati dan otot, jika cadangan glikogen masih banyak, maka insulin mengubah gula menjadi lemak.

Proses Terjadinya Resistensi Insulin

Saat gula yang masuk ke dalam tubuh bertambah banyak, sel tubuh akan kewalahan untuk menampungnya. Dalam kondisi demikian, meskipun insulin yang disediakan oleh pankreas banyak, namun sel tidak mau merespon-nya secara normal atau terjadi penolakan. Saat terjadi penolakan insulin seperti ini, pankreas dipakasa bekerja lebih keras lagi untuk memproduksi insulin yang lebih banyak agar kadar gula dalam kondisi normal.

Kondisi seperti ini sama sekali tidak disadari, oleh karena tidak ada sinyal apapun yang di isyaratkan tubuh bahwa pankreas sedang bekerja keras. Kondisi ini baru dirasakan ketika tekanan darah meningkat, keseimbangan lemak darah terganggu, dan penumpukan lemak perut semakin banyak. Deretan kejadian tersebut merupakan akibat dari resistensi insulin.

Secara singkat, resistensi insulin terjadi saat pankreas memproduksi insulin dalam jumlah cukup banyak, namaun karena sebab sebab tertentu insulin menjadi tidak efektif dalam menyalurkan glukosa dari darah kedalam sel sel tubuh.

Penyebab Kegagalan Insulin Bekerja

Beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan insulin menjalankan tugasnya dengan baik adalah sebagai berikut;
  • Jumlah reseptor pada sel jauh lebih rendah daripada kondisi normal
  • Insulin tidak dapat melekatkan dirinya pada reseptor
  • Insulin yang diproduksi pankreas cacat.
Begitulah pernjelasan lengkap mengenai proses terjadinya resistensi (kekacauan) insulin sehingga gagal menjalankan tugasnya, dari kekacauan insulin inilah akan timbul berbagai penyakit yang disini kami namakan sindrom-X ( hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas ). Pada halaman selanjutnya akan kami bahas hubungan antara resistensi Insulin dengan sindrom-X, tetaplah bersama kami...

You Might Also Like: