follow us

JENIS GULA PADA BUAH YANG BOLEH & AMAN DI KONSUMSI

Pada halaman ini dapat anda ketahui Jenis Gula Pada Buah Apa Yang Boleh/Aman di Konsumsi - Pada artikel sebelumnya sudah saya singgung bahwa kandungan gula pada makanan bukan hanya pada gula pasir juga karbohidrat (nasi, jagung, gandum) namun kandungan gula sederhana (fruktosa & glukosa) juga terkandung dalam buah buahan dan sayuran. Nah pastinya ada buah yang aman dikonsumsi dan juga sebaliknya dijauhi sama sekali bagi orang yang mengalami Obesitas, Hipertensi, Diabetes, peningkatan level lemak darah (Trigleserida & Kolesterol) yang kami sebut disini Sindrom-X.

Tidak semua gula memiliki pengaruh yang sama terhadap peningkatan kadar gula darah dan insulin. Gula yang baik masuk ke aliran darah secara perlahan, sehingga tidak menimbulkan lonjakan insulin yang tinggi sesudah dikonsumsi. Sebaliknya gula yang buruk akan cepat masuk ke aliran darah, sehingga gula darah melonjak beberapa saat setelah dikonsumsi.

Jenis Gula Pada Buah Yang Boleh/Aman di Konsumsi

Perlu anda ketahui secara teknis, gula sederhana (fruktosa dan glukosa) merupakan jenis gula yang cepat memasuki aliran darah. fruktosa dan glukosa keduanya sama sama jenis gula sederhana, namun memiliki sifat yang berbeda. Jika fruktosa lebih lambat memasuki aliran darah dibandingkan glukosa, maka sering dianggap sebagai gula yang sehat. Sumber gula alami selalu terdiri dari glukosa dan fruktosa secara bersama sama, oleh karena itu makanan yang baik harus memiliki kandungan fruktosa yang tinggi dan glukosa yang lebih rendah.

Fruktosa dan glukosa buah merupakan gula sehat yang terdapat dalam buah buahan dan sayuran. Setiap jenis buah dan sayuran memiliki rasio fruktosa yang berbeda beda, meskipun juga mengandung glukosa, namun kadar glukosa dalam sayuran relatif rendah, sehingga adan dapat mengkonsumsinya dengan aman.

Sebagian buah memiliki rasio glukosa yang tinggi dibanding fruktosa, buah yang demikian cenderung mendogkrak level insulin dalam darah untuk memprosesnya. Buah yang baik harus memiliki kandungan banyak fruktosa dan sedikit glukosa, bisa dijadikan tanda bahawa, semakin manis manis rasa buah itu, makan kandungan glukosanya semakin tinggi. Buah yang mengandung banyak glukosa harus anda hindari selama menjalani program diet anti-X, dibawah ini sudah saya golongkan jenis buah yang aman di konsumsi dan yang tidak aman selama menjalani diet Anti-X;

Buah Yang Aman di Konsumsi:

Jeruk, apel, pear, kiwi, pepaya mengkal, belimbing, sirsak, jambu biji, buah naga, mangga mengkal, melon, semangka, blewah, kedondong, rambutan, belimbing, asam jawa, alpukat, strowberry, sirsak, pisang buah (pisang susu, pisang ambon) dalam jumlah terbatas dan jenis buah yang tidak manis.

Buah Yang Harus Dihindari:

Durian, nangka srikaya, sawo, pisang yang bertepung (pisang kepok, pisang tanduk) dan pisang yang manis (pisang raja) anggur, kelengkeng, buah kering, kismis, kesemek.

Buah Yang Boleh Sesekali Dikonsumsi:

Buah duku, mangga yang sudah terlalu matang, kurma segar, buah tin, salak, pepaya matang, nanas, plum.

Itulah bebrapa buah yang aman anda konsumsi dan yang harus anda hindari, walaupun sesekali boleh juga anda konsumsi namun jangan sampai berlebihan. Pada halaman selanjutnya akan kami berikan tips mengkonsumsi buah yang baik dalam diet anti-X ini.

Referensi : Diet Anti-X oleh dr. Lanny Lingga Ph.D

You Might Also Like: