TIPS MENDORONG BUAH HATI MENJADI ORANG KAYA SEJATI

Mendorong Buah Hati (Anak) untuk Menjadi Orang Kaya Sejati - Ada sebuah kalimat motivasi yang biasanya menjadi kalimat sakti oleh para enterpreuneur atau para pebisnis sejati, Anda mau pilih mana : jadi orang kaya masuk surga atau orang miskin masuk surga. Kalau kita harus memilih, sudah tentu kita memilih option yang pertama : pilih jadi orang kaya masuk surga.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa siapapun diantara kita tentu bermimpi untuk menjadi orang kaya. Karena bagaimanapun, kaya akan mengantarkan kita pada pemenuhan kebutuhan, dan dapat memfasilitasi kehidupan. Lalu kaya seperti apa yang layak kita kejar dan kita raih, jawabannya sudah tentu “ kaya sejati”.


Kaya sejati dalam kaitannya dengan anak usia dini atau buah hati kita, tak ubahnya ibarat mengukir diatas batu. Artinya, jika konsep kaya itu kita ajarkan dan kita terapkan pada anak kita sejak mereka berusia dini, maka akan sangat mudah dan potensial bagi mereka untuk menjadi seorang kaya sejati. Mengapa mudah dan potensial? Alasannya adalah : rentang usia 0-7 tahun merupakan masa keemasan seorang individu (manusia).

Hal ini dapat diartikan bahwa apabila pada usia tersebut orang tua banyak menanamkan nilai-nilai positif pada mereka maka nilai – nilai positif itu akan tumbuh hingga ia dewasa bahkan sampai tua sekalipun. Sebaliknya, jika anak kurang diberi stimulasi dan banyak dijejali dengan celaan, bentakan, nilai-nilai negatif, maka jangan heran bila dikemudian hari anak kita akan tampil sebagai manusia yang miskin dengan kepercayaan diri.

Begitu pula dalam penanaman motivasi untuk menjadi orang kaya, bukanlah hal yang mustahil bila hal itu kita terapkan pada anak kita sejak mereka berusia dini. Banyak cara yang bisa kita upayakan agar prinsip untuk menjadi orang kaya tertanam pada diri buah hati sejak dini.

Anak akan meniru segala tindakan dan kalimat yang diucapkan oleh orang tua, oleh karena itu bila perjuangan kita menuju kaya sejati tidak pernah mereka perhatikan, bagaimana mungkin anak bisa meneladani sikap perilaku kita yang selalu semangat untuk menjadi orang kaya.

Dengan demikian, secara otomatis kita sebagai orang tua harus menjadi orang yang bermotivasi tinggi, berorientasi pada masa depan, penuh semangat, penuh keberanian, serta memiliki sikap maju terus pantang mundur.

Bila Anda penasaran atau tertarik untuk menjadikan buah hati sebagai orang kaya, tidak ada salahnya mengikuti trik-trik berikut ini.
  1. Bermimpi menjadi orang kaya
  2. Menanamkan prinsip tentang keharusan untuk menjadi orang kaya
  3. Membangun nuansa yang menyenangkan dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak.
Hal yang penting dalam pendidikan anak adalah komitmen dan kekonsistenan kita sebagai orang tua dalam menerapkan kebiasaan positif. Segala pelajaran kehidupan akan sangat mudah dicerna oleh anak bahkan oleh usia manapun bila hal itu diperoleh secara tidak langsung, tidak sengaja, dan benar-benar melalui nuansa yang dibangun.

Adapun tindakan orang tua dalam membangun nuansa pada buah hati agar terdorong untuk menjadi orang kaya sejati adalah sebagai berikut :
  • Biasakan agar anak selalu menjaga barang yang dimilikinya. Hal ini bermanfaat untuk memupuk nilai tanggung jawab, mendidik untuk tidak semena-mena memperlakukan aset yang dimilikinya. Misalnya: tidak boros jajan, tidak merusak alat-alat permainan, dll.
  • Orang tua menghargai hasil karya anak apapun bentuknya untuk menumbuhkan produktivitas anak sehingga apabila ia memiliki sebuah kompetisi, ia akan terus berkarya untuk menghasilkan karya atau produk yang bagus.
  • Tanamkan sikap gemar menabung sejak dini. Semua aset yang dimiliki anak bisa dijadikan sebagai produk yang ditabung oleh anak, sehingga pada saat dewasa nanti, anak memiliki bekal yang optimal dan mumpuni. Misalnya : mengumpulkan barang pembelian orang / gambar hasil karya/ hafalan doa-doa/ hafalan qur’an dsb
  • Menumbuhkan sikap percaya diri pada anak. Banyak cara agar anak dapat tumbuh sebagai pribadi yang percaya diri. Meluangkan waktu untuk mendengarkan “curhat”nya anak dan menanggapinya dengan kalimat positif yang membangun, bahkan kita bisa memberi reward atau hadiah yang bermanfaat dan menunjang produktivitas anak untuk berkarya. Contohnya : membelikan buku cerita, pensil warna, kaset, dll
Menghadapi anak adalah menghadapi sesuatu yang unik. Perlu kesabaran dan kreativitas. Namun setidaknya, upaya sebagai orang tua dalam mendorong buah hati untuk menjadi orang kaya sejati yang mulia menjadi impian akan terwujud. Cita –cita menjadi orang kaya sejati sangatlah layak untuk menjadi sebuah pilihan dalam kehidupan.

Kontributor : Oni Hayati Pramudini
Advertisement
TIPS MENDORONG BUAH HATI MENJADI ORANG KAYA SEJATI