6 TIPS PERSIAPAN DI HARI PERTAMA SEKOLAH ANAK

Tips Persiapan Anak Ketika Pertama Kali Masuk Sekolah - Melihat anak berprestasi pastilah menjadi keinginan setiap orang tua. Meski mengharapkan anak cerdas dengan bersekolah, orang tua perlu menyadari kalau setiap anak berbeda. Baik bakat, minat, dan potensinya. Orang tua perlu memperkenalkan anak-anak pada beragam hal untuk menggali potensi dan bakat anak. Hanya saja kadang banyak ditemukan, orang tua terlihat begitu memaksakan si anak untuk bersekolah. Sebagai orang tua perlu semangat penuh untuk mendukung tetapi tidak memaksa.


Meski didorong orang tua supaya anak bersekolah, ada kalanya anak tidak dapat memenuhi harapan orang tua. Anak menjadi malu dan muncul rasa rendah diri pada hari pertama anak bersekolah akan menjadi sulit dan membuat anak Anda tidak happy, jangan mudah menyerah, terus berusaha dan menyemangati anak bersekolah sehingga tidak mudah menyerah di tengah jalan.

Orang tua harus bisa menggambarkan kepada anak tentang sekolah yang sangat menyenangkan.  Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah asupan gizi yang memadai bagi anak. Pemberian gizi yang cukup dan sesuai agar mampu mendukung aktivitas Anak dan kecerdasan, serta anak bertumbuh optimal.

Selalu ada lompatan besar dalam kehidupan anak-anak. Salah satunya bersekolah, mengingat akan berhadapan dengan lingkungan baru, rasa khawatir mungkin akan muncul dalam diri anak. Untuk membantu orang tua dalam mengatasi permasalah anak pada hari pertama sekolah, berikut Kami sajikan “ 6 Tips Persiapan Di Hari Pertama Sekolah Anak “ yang dapat dilakukan, yaitu :

Tips Persiapan Anak Ketika Pertama Kali Masuk Sekolah 

1.) Buat masa-masa menjelang hari pertama masuk sekolah menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak, misalnya dengan mengajak berbelanja alat tulis untuk sekolah. Usahakan anak memilih sendiri alat tulis yang akan di pakai untuk sekolah.

2.) Mengajak anak untuk melihat lihat sekolah sebelum proses belajar agar mereka terbiasa dengan lingkungan barunya nanti. Buatlah permainan ringan yang menyenangkan di rumah seolah-olah mereka berada di sekolah, beri pengertian tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama di sekolah.

3.) Memupuk rasa keberanian diri si buah hati ketika di dalam kelas. Untuk itu beri pengertian bahwa anak tidak perlu takut ketika merasa sendiri di lingkungan baru sekolah mereka karena selain ada ibu guru yang akan membantu, aktivitas belajarpun akan dirasakan nyaman, tenang, dan menyenangkan.

4.) Memberikan rasa ketenangan saat bersekolah, sebaiknya pada saat mendaftarkan anak sekolah atau sebelum hari pertama sekolah anak sudah bertemu dengan ibu guru, berkenalan dengan teman yang dapat diajak bermain, sehingga diharapkan anak akan merasa lebih tenang pada saat pertama sekolah karena sudah kenal dengan guru dan teman.

5.) Persiapkan semuanya sejak dini, mulai dari pakaian seragam sekolah, alat tulis, tas sekolah, hingga makanan atau barang lainya yang akan dibawa anak agar tidak ada yang tertinggal di rumah pada saat hari pertama sekolah.

Baca Juga : Ciri Jajanan Yang Tidak Sehat Untuk Buah Hati Anda

6.) Tanamkan sikap positif, semangat, gambaran yang indah tentang sekolah kepada anak pada saat anak akan tidur di malam hari, supaya esok hari pertama sekolah bangun lebih pagi. Usahakan di hari pertama sekolah anak datang lebih awal agar tidak terburu-buru, tidak terlambat ke sekolah dan bisa membuat nyaman pada diri anak sebelum jam belajar mulai.

Demikianlah tips persiapan di hari pertama masuk sekolah yang dapat anda coba sebagai orang tua yang menginginkan putra putrinya lebih nyaman dan berani di sekolah.

0 Response to "6 TIPS PERSIAPAN DI HARI PERTAMA SEKOLAH ANAK "

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel