SELEKTIF MENYANTAP HIDANGAN LEBARAN AGAR TETAP SEHAT DI HARI SPESIAL

Tips Memilih Makanan Agar Tetap Sehat Ketika Lebaran - Di balik makna kemenangan dan suka cita, sesungguhnya hari-hari menjelang dan sesudah Idul Fitri merupakan waktu yang harus diperhatikan untuk kesehatan badan. Banyak yang tak menyadari bahwa mereka beresiko jatuh sakit, akibat menyantap hidangan berlebihan atau pola hidup yang buruk. Momen silaturahmi di hari raya biasanya di manfaatkan oleh setiap keluarga untuk menghidangkan makanan dan minuman yang terbaik.

Makanan dan minuman manis, berlemak, dan bersantan menjadi yang favorit untuk di sajikan. Dengan kondisi ini bagi yang mengidap gangguan kesehatan tertentu, misalnya saja diabetes militus, hipertensi, atau asam urat, dan berbagai penyakit sudah mengintai bila Anda tidak dapat mengontrol pola makanan nya. 


Konsumsi makanan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Misalnya makanan yang berlemak ataupun minuman yang bersoda. Makanan yang berlemak tinggi jika di konsumsi terlalu banyak akan menyebabkan pengosongan lambung menjadi begah. Hal ini akan menyebabkan kita merasa tidak nyaman di daerah ulu hati. 

Makanan-makanan yang sulit dicerna jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang berlemak akan menyebabkan gangguan penyerapan sesaat yang akan menimbulkan diare. Selain itu mengonsumsi lemak yang berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol, berat badan pun kan mengalami kenaikan.

Pada saat Lebaran dan ketika Lebaran usai, kebanyakan orang sering mengeluhkan penyakit – penyakit yang sudah di derita sebelumnya. Umumnya masalah yang dikeluhkan seputar diare, ISPA, maag, batuk pilek, demam, atau kecelakaan. 

Berbagai penyakit dapat timbul pada saat atau setelah Lebaran. Oleh karena itu jika ingin sehat terus kita harus mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul seputar Lebaran. Ada 3 hal yang harus diperhatikan sebelum Lebaran tiba :

Selektif  Ketika Menyantap Makanan

1. Memilih apa yang dimakan dan tidak boleh dimakan. Kontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat hari atau sesudah Lebaran. Hindari makanan dan minuman pantangan yang disarankan oleh dokter.

2. Menjaga kondisi tubuh tetap kuat dengan beristirahat yang cukup, dan mengkonsumsi suplemen kesehatan.

3. Persiapkan obat-obatan ketika sebelum dan sesudah Lebaran, khusus pasien yang mengidap penyakit kronik yang sering kambuh, di usahakan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan berkonsultasi ke dokter sebelum Lebaran karena biasanya apotek-apotek atau praktek dokter tutup ketika Lebaran. Hal ini bisa jadi masalah jika tidak ada persiapan obat-obatan, padahal orang tersebut harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Tiga kategori penyakit yang umumnya sering terjadi pasca Lebaran, antara lain :

1. Penyakit yang timbul karena faktor kelelahan.

Penyakit ini biasa dialami seseorang ketika melakukan aktivitas yang melelahkan, ditambah lagi kurang istirahat. Hal tersebut akan menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun. Penyakit yang biasa muncul adalah flu, batuk disertai pilek, infeksi saluran pernafasan (ISPA), demam.

2. Penyakit Kronis yang kambuh

Makanan dan minuman khas lebaran yang sarat dengan rasa manis, asin, dan berlemak, jika dikonsumsi oleh seseorang yang sudah mempunyai penyakit kronik akan menyebabkan penyakitnya kambuh kembali. Jika tidak diantisipasi, dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi. Penyakit darah tinggi beresiko tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol. 

 Gula darah akan meningkat terkena pada penderita kencing manis yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang manis-manis. Begitu juga pada pasien dengan hiperkolesterol yang bisa menjadi parah. Penderita hipertensi,kencing manis,dan hiperkolesterol jika tidak di antisipasi di hari Lebaran, penyakit ini bisa menyebabkan serangan jantung atau bahkan stroke.

3. Penyakit yang timbul akibat kondisi saat Lebaran.

Pada saat hari Lebaran biasanya hidangan makanan jarang ada olahan makanan segar atau baru di masak, kebanyakan olahan makanan yang sudah beberapa kali dipanaskan hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas makanan dan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti : diare ataupun keracunan makanan. 

Sebagian orang juga lebih memilih membeli makanan jadi, jika mengonsumsi makanan dan minuman yang diragukan kebersihannya maka dapat menyebabkan seseorang terkena diare. Masalah kebersihan lingkungan juga menjadi faktor terjangkitnya penyakit.

Sampah – sampah yang menumpuk akan mengundang lalat, tikus, dan kecoak untuk datang. Jika alat makan, bahan makanan terkontaminasi binatang bisa menimbulkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti : diare, tifus , dll

0 Response to "SELEKTIF MENYANTAP HIDANGAN LEBARAN AGAR TETAP SEHAT DI HARI SPESIAL"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel